Scroll Untuk Lihat artikel
Example 360x320
Example floating
Example floating
Example 728x250
Daerah

Pemkab Ketapang Kembali Terima Penghargaan Opini WTP Dari Kementerian Keuangan

349
×

Pemkab Ketapang Kembali Terima Penghargaan Opini WTP Dari Kementerian Keuangan

Sebarkan artikel ini

Ketapang, Metrokalbar.com –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang kembali menerima penghargaan atas predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Predikat WTP tersebut diberikan atas Laporan hasil pemeriksaan (LHP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Ketapang tahun 2019.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalbar, Edih Mulyadi yang diterima langsung Plt Bupati Ketapang, Suprapto S didampingi Pj Sekda Ketapang, Heronimus Tanam dan Kepala BPKAD Ketapang, Alexander Wilyo serta dihadiri seluruh jajaran OPD.selasa (20/10/20).

Plt. Bupati Ketapang Drs.Suprapto S usai menerima penghargaan mengaku bersyukur atas kembali diraihnya opini WTP oleh Pemerintah Daerah.

“Penghargaan tersebut merupakan yang ke 6 kali secara berturut-turut pemkab ketapang mendapatkan piagam opini WTP dari pemerintah pusat, ini merupakan salah satu bukti bahwa Pemkab Ketapang memiliki keingingan dan kesungguhan untuk membenahi sistem keuangan atau penggunaan keuangan daerah.

Beliau mengungkapkan, penyerahan piagam ini merupakan bukti bahwa pemerintah kabupaten Ketapang dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai penyelenggara pemerintahan telah berjalan dengan baik, sejalan dengan Visi dan Misi Bupati Wakil Bupati Ketapang.

Raihan tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas penyusunan laporan keuangan di Tahun 2019.

Selanjutnya, Plt. Bupati menyampaikan poin-poin penting berkenaan dengan perolehan piagam penghargaan opini WTP, sebagai berikut :

1. Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) adalah cita-cita dan harapan bersama, dan juga merupakan tanggungjawab kepada masyarakat Kabupaten Ketapang;

2. Opini WTP adalah prestasi pemerintah Kabupaten Ketapang atas transparansi dan akuntabilitas serta kepatuhan terhadap ketentuan perundangan dalam menjalankan tata kelola keuangan;

3. Agar Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat segera berupaya melakukan penyelesaian terhadap tindak lanjut hasil pemeriksaan secara maksimal dan berkelanjutan;

4. Melakukan penyempurnaan terhadap sistem pengendalian intern pemerintah Kabupaten Ketapang terhadap temuan BPK RI;

5. Melakukan penyesuaian semua regulasi, melakukan penyempurnaan pada sistem aplikasi pengelolaan keuangan yang merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Atas prestasi gemilang yang telah diraih ini, Plt. Bupati menghimbau agar semua Kepala OPD beserta jajarannya secara kolektif mampu mempertahankan predikat Opini WTP ini.

“Meraih WTP adalah prestasi yang membanggakan. Namun lebih sulit bagaimana untuk mempertahankan, karena butuh koordinasi dan kerja sama nyata dari semua OPD di lingkungan pemkab setempat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ketapang, Alexander Wilyo menilai penghargaan yang diterima Pemda ini tidak terlepas dari kerjasama dan kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada semua OPD dalam hal kerjasama dan kerja keras mengenai penyusunan laporan keuangan sehingga Pemda Ketapang bisa mempertahankan opini WTP dan penghargaan ini,” pungkasnya.

Plt.Bupati Ketapang Drs.Suprapto S saat menerima piagam WTP yang di serahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalbar, Edih Mulyadi, selasa 20/10/20. Poto ; istinewa
Plt.Bupati Ketapang Drs.Suprapto S
Example 360x320
google.com, pub-2837929621927465, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Example 120x600
https://metrokalbar.com/wp-content/uploads/2023/07/image-5.png