Scroll Untuk Lihat artikel
Example 360x320
Example floating
Example floating
DaerahPolitik

Panwascam Delta Pawan Umumkan Anggota Pengawas TPS 2020

679
×

Panwascam Delta Pawan Umumkan Anggota Pengawas TPS 2020

Sebarkan artikel ini
Ketua Panwaslu Kecamatan Delta Pawan,Theo Bernadhi,S.Sos

Ketapang, Metrokalbar.com – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Delta Pawan resmi mengumumkan nama-nama Calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Kelurahan/Desa se-Kecamatan Delta Pawan, Rabu (28/10). Saat ini masyarakat dapat memberikan tanggapan terhadap nama-nama Calon PTPS jika diketahui merupakan Anggota Partai Politik, Timses Paslon atau jika melanggar ketentuan yang dipersyaratkan.

Ketua Panwascam Delta Pawan, Theo Bernadhi mengatakan kalau pihaknya telah mengumumkan nama-nama calon PTPS di semua kantor Kelurahan/Desa yang ada di Delta Pawan serta di papan pengumuman di Kantor Panwascam Delta Pawan.

“Pengumuman kita umumkan secara terbuka selain untuk memudahkan pelamar melihatnya juga agar masyarakat bisa mengakses dan melihat dan turut menginformasikan jika ada nama-nama yang dinyatakan sebagai Calon PTPS misalkan melanggar syarat-syarat yang telah ditentukan dalam rekrutmen ini,” katanya, Jumat (30/10).

Theo melanjutkan, para calon PTPS yang diumumkan telah mengikuti tahapan seleksi administrasi dan tes wawancara yang mana jika ada dari mereka yang dilaporkan masyarakat terkait dugaan pelanggaran syarat rekrutmen misalkan soal keterlibatan sebagai anggota Parpol, Timses Paslon, memiliki ikatan pernikahan dengan penyelenggara atau melanggar syarat lainnya maka pihaknya akan melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan dan jika memang terbukti maka tidak akan ditetapkan menjadi PTPS dan akan diganti dengan peserta lainnya.

“Masyarakat bisa menyampaikan tanggapan dengan mengisi formulir yang kami sediakan bisa diambil dikantor Panwascam Delta Pawan atau diunduh di Facebook Panwascam Delta Pawan. Pemberian tanggapan masyarakat dimulai sejak pengumuman disampaikan tanggal 28 Oktober hingga 3 November,”terangnya.

Theo menambahkan, peran aktif masyarakat dalam memberikan tanggapan menjadi bagian penting dalam hal proses rekrutmen PTPS agar dapat semakin memastikan calon PTPS merupakan mereka yang benar-benar non partisipan sehingga bisa menjadi bagian pengawas yang dapat bekerja profesional ke depannya.

“Meskipun kami telah melakukan seleksi sedemikian maksimal namun tanggapan dari masyarakat menjadi bagian yang penting, nantinya dari ratusan orang yang melamar hanya ada 173 orang yang diterima menjadi PTPS, dan jika tidak ada tanggapan masyarakat, maka nanti di awal Bulan November kami akan umumkan kembali secara resmi nama-nama Calon PTPS yang menjadi PTPS,” jelasnya.

Theo mengaku, kalau setelah pelantikan yang diperkirakan akan berlangsung pada pertengahan bulan November, pihaknya akan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) lanjutan setiap harinya kepada seluruh PTPS Delta Pawan dengan membagi zona dan waktu Bimtek dengan tujuan untuk memberi pemahaman dan penguatan yang maksimal.

“Untuk Panwascam Delta Pawan memang Bimtek lanjutan selalu kami agendakan dalam setiap pelaksanaan Pemilu, ini agar PTPS dapat secara maksimal memahami tugas, fungsi, kewenangan, kewajiban dan hak mereka,” tukasnya.

Example 360x320
google.com, pub-2837929621927465, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Example 120x600
https://metrokalbar.com/wp-content/uploads/2023/07/image-5.png