Scroll Untuk Lihat artikel
Example 360x320
Example floating
Example floating
Example 728x250
Daerah

Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Jalan Siduk-Sukadana Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak

1016
×

Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Jalan Siduk-Sukadana Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak

Sebarkan artikel ini
Pohon pisang tumbuh di tengah ruas jalan Provinsi tepatnya di dusun semanai,desa simpang tiga siduk,sebaga tanda jalan rusak

Sukadana, Metrokalbar.com – Pemandangan unik terjadi di ruas Jalan siduk-sukadana, Kecamatan sukadana Kabupaten Kayong Utara. Warga setempat nekat menanam pohon pisang  di tengah jalan yang mengalami kerusakan. Jalan rusak ini tepatnya berada di kawasan dusun Semanai, Desa simpang tiga Siduk.

Warga dusun Semanai Desa Simpang Tiga Siduk menanam pohon pisang di tengah ruas jalan sebagai tanda kepengguna jalan karena ada jalan rusak yang kian menjadi dan tak kunjung dilakukan perbaikan. Tak jarang warga mengalami kecelakaan akibat kerusakan jalan ini.

Pohon pisang setinggi sekitar 1,5 meter itu, berdiri ditanam dalam lubang di jalan raya penghubung Kabupaten Ketapang dengan Kabupaten Kayong Utara itu.

Seorang warga setempat bernama Ujang menyebutkan pohon pisang itu sengaja dipasang sebagai tanda untuk pengendara karena ada jalan rusak.

Apalagi, jika dalam kondisi hujan, tergenang air sehingga sangat membahayakan.

“Sengaja ditanam pohon pisang biar tak lewat jalan bagian ini, lubangnya besar” kata Ujang warga setempat.

Ia juga menjelaskan, kondisi jalan rusak ini sudah berlangsung sangat lama, sehingga tak jarang sering dijumpai mobil angkutan terguling, karena terperosok lubang atau menghindari lubang salah memilih jalan.

“Kami hanya memberitahukan kalo hati-hati lewat jalan ini. Moga saja tidak ada kecelakaan lagi,” harap dia.

Karena ruas jalan ini masuk dalam tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov), upaya Pemkab Kayong Utara hanya menanggulangi perbaikan seadanya.

Untuk itu, ia berharap segera mendapatkan penanganan dari pemerintah melalui pihak terkait seperti dinas PU Provinsi KalBar. Menurutnya, jika dibiarkan terus berlarut maka akan semakin banyak pengguna jalan yang jatuh, dan mengganggu aktivitas warga.

“Setidaknya ada penanganan sementara dulu, seperti ditimbum dulu dengan pasir atau dengan tanah, atau bisa langsung ditambal pakai aspal, agar tidak terjadi kecelakaan lagi terutama pada malam hari,”harapnya.

Bahkan Bupati beserta Forkopimda seringkali melakukan kegiatan gotong royong pada ruas jalan yang rusak, termasuk jalan Siduk menuju Sukadana ini.

Plt.Kadis PUPR Kayong Utara, Ir. Suratmin saat di konfirmasi mengaku jika pengusulan perbaikan jalan di area tersebut sudah diusulkan ke Pemprov Kalbar.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa dianggarkan dan dikerjakan,” ujar Suratmin.

Example 360x320
google.com, pub-2837929621927465, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Example 120x600
https://metrokalbar.com/wp-content/uploads/2023/07/image-5.png