Sekilas Info

Ketapang

Tim Gabungan Pemkab Ketapang Sidak Jelang Ramadhan, Ini Hasil Temuannya

Tim Gabungan Pemkab saat menyidak di lokasi pasar yang ada dikota ketapang,Pada Rabu (7/4/21)

Ketapang, MetroKalbar.com - Tim Gabungan Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasar. Sidak ini dilakukan untuk memantau harga sejumlah barang kebutuhan pokok menjelang Ramadhan 1442 H.Pada hari Rabu(7/4/21).

Tim gabungan yang terdiri dari Bagian Perekonomian, Bagian Humas dan Protokol, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan UMKM, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan, Dinas Kominfo, BAPPEDA, Satuan Polisi Pamong Praja dan Unsur Kepolisian.

Lokasi yang menjadi sasaran mereka yakni  Pasar Tradisional (pasar melati), di pasar tersebut tim mendata harga dan stok kebutuhan pokok seperti daging ayam, daging sapi dan ikan serta sayuran.

Selanjutnya, tim bergerak menuju ke agen telur, Toko Sembako dan gudang sembako yang berada di sepanjang Jalan Merdeka, disana terpantau tidak ada lonjakan harga yang signifikan serta semua bahan kebutuhan pokok tersedia dan dipastikan aman untuk menghadapi datangnya bulan suci ramadhan 1442 H,  kemudian Tim di bagi menjadi 2 (Tim A dan Tim B).

Tim A bertugas melakukan Sidak ke beberapa Mini Market yang berada di sepanjang Jalan Jenderal S. Parman, diantaranya (Mini Market Hari Jaya dan JM Swalayan), disini Tim melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa pada produk - produk yang dijual.

Dalam sidak,tim gabungan mendapatkan beberapa jenis produk olahan Usaha Kecil Menengah (UKM), Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa dan barang yang sudah tak layak jual akibat kadaluarsa. Tim  kemudian meminta kepada pemilik usaha untuk tidak lagi menjual barang dimaksud.

KemudianTim melanjutkan sidak ke SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji) yang berada di Kelurahan Sukaharja Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang. di sana Tim hanya bisa mendapatkan data pasokan LPG berupa laporan, dikarenakan manajernya sedang tidak berada di tempat.

Dari data pasokan yang ada,  menunjukkan  kalau  stok LPG pada saat ini cukup untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Ketapang menjelang bulan suci Ramadhan.

Sedangkan Tim B bertugas melakukan Sidak Ke Pasar Sukabangun, dipasar tersebut tim juga mendata harga dan stok kebutuhan pokok seperti beras, daging ayam, daging sapi dan ikan serta sayuran, selanjutnya Tim bergerak ke pusat perbelanjaan modern Hypermart.

Di sana tim juga melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa pada produk - produk yang dijual, disana tim menemukan ada beberapa produk yang mendekati masa kadaluarsa, namun dalam sidak kali ini tim hanya memberikan teguran secara persuasif, yaitu meminta kepada pengelola agar produk - produk yang sudah mendekati masa kadaluarsa untuk di turunkan dari rak penjualan dan di ganti dengan yang baru, kemudian tim bergerak ke salah satu pangkalan/ agen LPG, disana tim memberikan arahan kepada pemilik pangkalan, agar penyaluran LPG kepada masyarakat bisa di lakukan dengan baik dan tepat sasaran.

Berdasarkan hasil sidak yang dilakukan oleh Tim Gabungan Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang bisa disimpulkan bahwa harga dan stok kebutuhan 9 bahan pokok (Sembako) beserta minyak dan gas di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kabupaten Ketapang menjelang bulan suci Ramadhan Tahun 1442 Hijriah terpantau aman dan terkendali.

Untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya kenaikan harga sembako yang melambung tinggi.

Penulis:

Baca Juga