Scroll Untuk Lihat artikel
Example 360x320
Example floating
Example floating
Daerah

Sangat Memprihatinkan, Begini kondisi Jembatan Gantung Di Desa Sengkuang Merabong Ketapang

683
×

Sangat Memprihatinkan, Begini kondisi Jembatan Gantung Di Desa Sengkuang Merabong Ketapang

Sebarkan artikel ini
Seorang warga sedang mendorong motor di atas jembatan gantung desa sengkuang merabong,kec Manis Mata Ketapang

MetroKalbar.com , Ketapang – Jembatan Gantung di Desa Sengkuang Merabong Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang kembali mengalami kerusakan pada 3 Februari 2022.

Jembatan Tersebut berlokasi di desa Sengkuang Merabong yang dibangun sejak tahun 2007 melalui jalur PNPM mandiri.

Bagi warga di sekitar, jembatan ini merupakan akses utama untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Akses ini juga merupakan salah satu penghubung terutama untuk masyarakat yang ada di perbatasan Kalimantan barat dan Kalimantan tengah.

Secara geografis, lokasi desa Sengkuang Merabong berada ditengah 4 desa, yaitu desa Kemuning, desa Tribun Jaya, desa Pelempangan dan desa Pakit Selaba. Bukan hanya itu, desa ini juga berada diantara 2 perusahan perkebunan kelapa sawit yang berjarak sekitar 2 KM dari desa tersebut.

Berdasarkan keterangan warga di sekitar, Sunardi; “kondisi jembatan gantung tersebut memang sudah mulai rapuh dan goyang serta butuh renovasi. Warga setempat sering memperbaiki papan-papan yang rusak namun tidak bertahan lama mengingat jembatan ini merupakan akses bagi warga untuk aktivitas pekerjaan, persekolahan dan masih banyak lainnya”.

Sementara disisi lain, masyarakat setempat berharap kepada pemerintah untuk membangun rangka baja di lokasi ini supaya lebih memperlancar jalur transportasi masyarakat. ‘tambahnya’.

Sebenarnya ada akses jembatan namun jaraknya cukup jauh, sementara jembatan ini mampu menampung akses warga beberapa desa. bahkan kalau warga bepergian ke luar daerah harus melewati jalur ini. Hal tersebut tentu menjadi perhatian bersama dan pertimbangan pemerintah setempat untuk melakukan upaya di lokasi ini. “Ucapnya.

**Sunardi

Example 360x320
google.com, pub-2837929621927465, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Example 120x600
https://metrokalbar.com/wp-content/uploads/2023/07/image-5.png