Sekilas Info

Ketapang

Group ANJ Raih Nilai Terbaik Untuk Pengelolaan Risiko ESG dan Transparansi

Landasan Pembangkit Listrik Biogas ANJ di perkebunan PT KAL (Group ANJ) di Kecamatan Matan Hilir Utara.

MetroKalbar.com, Jakarta, 28 November 2022 -  PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) baru-baru ini menerima hasil penilaian ESG Risk Rating yang dilakukan oleh Sustainalytics dengan nilai 18,3 atau masuk dalam kategori risiko rendah. Dengan nilai tersebut, ANJ menempati peringkat pertama sebagai perusahaan dengan risiko ESG paling rendah dari 95 perusahaan pertanian dan peringkat ke-10 dari 601 perusahaan industri makanan global yang dinilai Sustainalytics.

Sementara itu, penilaian tahunan yang dirilis hari Rabu (23/11) oleh Sustainability Policy
Transparency Toolkit (SPOTT), sebuah platform penilaian transparansi, menunjukkan peningkatan skor ANJ sebesar 8.2 poin dibanding tahun 2021 menjadi 91.1%. Skor yang lebih tinggi ini mengindikasikan bahwa perusahaan secara relatif lebih transparan jika dibandingkan perusahaan lainnya dengan skor lebih rendah.

Tandan Buah Segar (TBS)Group ANJ

Dengan penilaian tersebut ANJ mendapatkan
peringkat pertama di antara perusahaan yang berkantor pusat di Indonesia dan peringkat ke-4 dari 100 produsen, pengolah dan pedagang minyak kelapa sawit secara global yang dinilai
melalui platform penilaian SPOTT.

Adapun, kedua prestasi tersebut merupakan peningkatan signifikan dibandingkan capaian pada tahun 2021. ANJ mendapatkan kategori risiko ESG yang rendah karena dinilai oleh Sustainalytics sebagai perusahaan dengan manajemen risiko ESG yang sangat kuat di sektor perkebunan.

Sedangkan, skor SPOTT ANJ terus meningkat dari tahun ke tahun yang menunjukkan bahwa
perusahaan semakin transparan dan konsisten dalam menyajikan informasi keberlanjutan yang berkualitas kepada publik.

Biomassa dari Cangkang dan Serat Kelapa Sawit (ANJ Group)

Sejalan dengan visi misi perusahaan, ANJ berkomitmen untuk menjadi perusahaan kelapa sawit di Indonesia yang terdepan dalam menerapkan kelapa sawit berkelanjutan dan pengelolaan risiko ESG.

Menurut Lucas Kurniawan, Direktur Utama ANJ, keberhasilan ini dapat diraih karena
pelaksanaan ESG tercermin dalam nilai-nilai perusahaan sehingga tidak hanya menjadi
tanggung jawab satu fungsi saja tetapi menjadi tanggung jawab setiap karyawan.

Karyawan Group ANJ Safety Briefing Penyemprotan

Pencapaian rating Sustainalytics dan nilai SPOTT yang telah diterima oleh ANJ merupakan sebuah apresiasi dan penyemangat bagi kami untuk terus menjalankan komitmen dan inisiatif keberlanjutan kami secara konsisten, tambah Lucas.

Sebelumnya, melalui dua anak perusahaannya, PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA), ANJ telah berhasil meraih dua penghargaan PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2021.

Hal ini menempatkan ANJ sebagai satu-satunya perusahaan sawit yang memperoleh penghargaan PROPER Emas. ANJ juga telah mendapatkan penghargaan Disclosure Rating Leadership A, dalam acara ini digelar oleh Majalah Investor Berita Satu Media Holdings (BSMH) bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF) dan merupakan apresiasi bagi perusahaan yang dinilai memiliki komitmen dalam pengungkapan ESG.

Tentang Sustainalytics:

ESG Risk Rating oleh Sustainalytics mengukur eksposur perusahaan terhadap risiko ESG yang
material bagi tiap industri dan seberapa baik perusahaan mengelola risiko tersebut. Pemeringkatan ini memberikan ukuran kuantitatif yang dapat dibandingkan di semua industri.

Semakin rendah nilai pemeringkatan ESG Risk Rating, artinya semakin baik perusahaan dalam mengelola risiko terkait ESG. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi;

https://www.sustainalytics.com/

Tentang SPOTT:

Dikembangkan oleh ZSL (Zoological Society of London), SPOTT Sustainability Policy
Transparency Toolkit adalah platform online yang mendukung produksi dan perdagangan
komoditas yang berkelanjutan.

Dengan cara melacak transparansi, SPOTT memberi insentif untuk implementasi praktik terbaik oleh korporasi. SPOTT menilai produsen dan pedagang komoditas dari pengungkapan publik mengenai kebijakan, operasi dan komitmen terkait isu-isu lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG). SPOTT memberi skor kepada perusahaan setiap tahun menggunakan indikator-indikator yang spesifik-sektor, sebagai tolok ukur perkembangannya dari waktu ke waktu.

Investor, pembeli dan pemberi pengaruh kunci lainnya dapat menggunakan
penilaian SPOTT dalam menginformasikan pelibatan pemangku kepentingan, mengelola risiko, dan meningkatkan transparansi dalam industri.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi; https://www.spott.org/

Tentang ANJ:

ANJ merupakan perusahaan induk yang terlibat, baik secara langsung maupun melalui anak
perusahaannya, dalam produksi dan penjualan minyak sawit mentah, inti sawit dan hasil pangan berkelanjutan lainnya serta energi terbarukan. ANJ memiliki dan mengoperasikan enam perkebunan kelapa sawit yang telah berproduksi dan terintegrasi dengan lima pabrik CPO, serta memiliki satu perkebunan kelapa sawit dalam tahap pengembangan di Sumatra Selatan.

Sampai akhir September 2022, ANJ memiliki 154,6 ribu ha cadangan lahan dan 50.0 ribu ha untuk total area tertanam dengan 42.0 ribu ha area menghasilkan dengan profil umur tanaman rata-rata 13.0 tahun dan 8.0 ribu ha untuk area belum menghasilkan. Sedangkan total area hutan NKT yang telah dicadangkan sebagai area konservasi untuk perlindungan flora, fauna, dan
habitatnya adalah 60.985 ha.

Penulis:

Baca Juga