Sekilas Info

Ketapang

KPU Kabupaten Ketapang Lantik Anggota PPS Pemilu 2024

Anggota PPS se-Kabupaten Ketapang di lantik oleh KPU Kabupaten Ketapang, pada Selasa (24/01/2023).

MetroKalbar.com, Ketapang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang, melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum 2024, Selasa (24/1/2023).

Komisioner KPU Ketapang Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Jami Surahman mengatakan, pelantikan PPS kali ini dilaksanakan serentak. Teknisnya masing-masing komisioner KPU membagi tugas sesuai zona yang ditentukan.

"Khusus saya melantik PPS di bawah Panitia Pemilihan Kecamatan Delta Pawan, Benua Kayong, Matan Hilir Selatan, Muara Pawan dan Matan Hilir Utara," kata Jami usai melantik anggota PPS.

Jami menekankan, seluruh PPS yang dilantik dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik. Diharapkan juga terus berkoordinasi kepada Panitia Pemilihan Kecamatan jika di lapangan terdapat kendala.

"Jalankan amanah sesuai aturan. Jalin terus komunikasi terhadap PPK dan perangkat Desa setempat. Terlebih PPS merupakan bagian terpenting untuk suksesnya Pemilu," ujarnya.

Mengacu pada PKPU, dijelaskan dia, PPS adalah anggota panitia yang dibentuk KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan Pemilu dan pemilihan di tingkat kelurahan/desa.

"Dengan demikian, bahwa PPS memiliki tugas, kewajiban dan wewenang. Detailnya, PPS kita harap agar membaca PKPU yang menyangkut kinerja di PPS itu sendiri," timpalnya.

Selain pelantikan, kegiatan juga dirangkai dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) PPS. Pelaksanaanya dipimpin langsung komisioner KPU.

"Kita sekaligus Bimtek tentang pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih. Sebab ini merupakan pekerjaan awal yang dihadapi PPS dalam waktu dekat," ungakapnya.

Penulis:

Baca Juga