Scroll Untuk Lihat artikel
Example 360x320
Example floating
Example floating
DaerahUncategorized

Intip 10 Poto Kota Ketapang Tempo Dulu dan Sekarang

1332
×

Intip 10 Poto Kota Ketapang Tempo Dulu dan Sekarang

Sebarkan artikel ini

METROKALBAR – Ketapang adalah daerah tertua dan terluas di antara Kabupaten lain di Kalimantan Barat. Daerah ini memiliki sejarah yang panjang yang wajib kita ketahui, salah satunya nama Kerajaan Tanjungpura yang namanya diabadikan sebagai nama Universitas Tanjungpura dan Kodam XII/ Tanjungpura.

Dulunya, dimasa pemerintahan Hindia Belanda daerah ini menjadi salah satu daerah (Afdeling), daerah yang merupakan bagian dari Keresidenan Kalimantan Barat sejak tahun 1936

Diera sekarang ini, banyak bangunan baru menyelimuti setiap sudut kota. Namun terlepas dari hal itu jangan sampai melupakan sejarahnya.

Memilik jalanan dan bangunan tempo dulu patut untuk kita kenang, karena di jaman itu bangunan tergolong lengang.

Nah, berikut ini sederet poto jalan dan bangunan di Kota Ketapang tempo dulu yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber di internet.

1. Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura

Keraton Matan terletak di Jalan Pangeran Kesuma Jaya, Kelurahan Mulya Kerta, Kecamatan Benua Kayong, kota Ketapang Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

2. Kantor Pemda Ketapang

3. Rumah Sakit Daerah Ketapang

Rumah Sakit Daerah Ketapang pertama dulunya beralamat di daerah Mulia Baru, tepatnya di jalan Dr. Soetomo, kemudian pada tahun 1984 dengan izin penetapan pendirian nomor: 44/1164/kesra, tanggal 16 juli 1984. Rumah sakit iniĀ  berubah menjadi rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Ketapang dengan nama RSUD dr Agoesdjam yang sekarang beralamat di jalan D.I Panjaitan.

4. Kawasan Jalan Imam Bonjol Ketapang

Saat itu, kebanyakan warga Ketapang menyebut kawasan ini jalan kereta api, sekarang oleh Pemerintah jalan ini dinamai Jalan Imam Bonjol.

5. Bandara Rahadi Usman Ketapang

Berdasarkan cerita masyarakat, Bandara Karang Tunjung ( Kalinilam) diambil dari nama penembahan Karang Tanjung (Kerajaan Tanjungpura). Sedangkan berdasarkan sejarah, bandara Rahadi Oesman( Kalinilam-Ketapang)berasal dari nama pejuang asal Kalimantan Barat yang gugur melawan pasukan Belanda di desa Sungai Besar(Ketapang) pada 7 Desember 1945.

6. Jalan A.Yani ( Kawasan Tugu tolak Balak) Ketapang

Saat itu, pada tahun 1970 kebanyakan warga Ketapang menyebut Pertigaan Depan Gudang Garam ( gudang tempat penyimpanan Garam Ikan ) Pasar Lama.
Seiring dengan perkembangan jaman, sekarang kawasan ini disebut Kawasan Tugu Tolak Bala, persimpangan Jalan A Yani dan Jalan Merdeka

7. Tugu Bundaran Ale – ale Kota Ketapang

Tugu Ale- Ale adalah salah satu icon Kabupaten Ketapangg dan merupakan titik nol berdirinya Kota Ketapang. Ale Ale adalah nama lain dari kota ketapang yang sudah terkenal dengan sebutan Kota Ale ale.

8. Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang

Masjid Al-Ikhlas yang terletak di Jln. H. Agus Salim, Kelurahan Tegah, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat dijadikan Masjid Agung Tahun 2011 untuk daerah Ketapang dan sekitarnya

9.Gereja Katedral Jalan A.Yani Ketapang

Gereja Santa Gemma Galgani merupakan gereja katedral dimana terdapa keuskupan Ketapang, bangunan gereja yang terletak di jalan A.Yani ,Kelurahan Kantor, Kecamatan Delta Pawan, Kota Ketapang ini diberkati pada 10 Juni 1962.

10. Bioskop Kota Ketapang di Tahun 1993

Nama Bioskop Pawan karena berlokasi didirikan di tepian sungai pawan. Kala itu pada Tahun 80 an, bioskop ini menjadi satu-satunya hiburan warga Ketapang.

Bagi yang pernah berkunjung ke bioskop ini sudah pasti ada kenangan terindah yang pernah dialami ketika menonton di bioskop.

Sebagian besar foto-foto di atas diambil dari berbagai sumber di internet, seperti sumber akun di facebook, Twitter, dan Instagram. **

Example 360x320
google.com, pub-2837929621927465, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Example 120x600
https://metrokalbar.com/wp-content/uploads/2023/07/image-5.png