Scroll Untuk Lihat artikel
Example 360x320
Example floating
Example floating
Daerah

KAL dan Puskesmas Kuala Satong Berkolaborasi Lindungi Masyarakat dari DBD

535
×

KAL dan Puskesmas Kuala Satong Berkolaborasi Lindungi Masyarakat dari DBD

Sebarkan artikel ini
KAL dan Puskesmas Desa Kuala Satong melakukan kegiatan Fogging Focus untuk menekan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Matan Hilir Utara.

METROKALBAR, Ketapang  – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat bekerja sama dengan Puskesmas Kuala Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara melakukan kegiatan Fogging Focus untuk menekan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Kegiatan ini digelar pada Rabu (31/01) dengan titik kumpul di Puskesmas Pembantu (Pustu) Dusun Kepayang, Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang.

Kegiatan Fogging Focus ini selain berkolaborasi dengan Puskesmas Kuala Satong, juga melibatkan Kepala Dusun Kepayang dan Tim Klinik KAL. Lokasi fogging difokuskan ke beberapa rumah warga yang terkonfirmasi menderita DBD. Selain dilakukan Fogging Focus, tim juga melakukan Pemberantasan Sarang nyamuk (PSN) dan Larvasidasi dengan mengecek beberapa lokasi tempat penampungan air di rumah warga dan sekolah sekitar.

Petugas dari Perusahaan KAL saat melakukan Fogging ke salah satu rumah warga di Desa Kuala Satong

Pada tempat-tempat tersebut ditaburkan bubuk abate untuk mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk Aedes Aegypti yang berpotensi berkembang menjadi nyamuk dewasa yang dapat menularkan penyakit DBD di masyarakat.

Pawali, SKM, Kepala Puskesmas Kuala Satong, menekankan pentingnya kegiatan Fogging Focus mengingat tingginya angka DBD di Kabupaten Ketapang, terutama di Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara dengan 7 pasien yang dirawat.

Dirinya pun mengapresiasi kolaborasi dengan KAL dan berharap sinergi ini dapat terus terjalin untuk menangani berbagai kasus penyakit dan meningkatkan pelayanan kesehatan di Desa Laman Satong.

Dadi, General Manager KAL, menegaskan komitmen KAL untuk terus mendukung program kesehatan, khususnya dalam hal pencegahan dan penanganan kasus demam berdarah dengue (DBD) di masyarakat sekitar.

“Kolaborasi ini merupakan wujud kepedulian KAL terhadap kesehatan masyarakat. Kami berharap program ini dapat membantu menekan angka kasus DBD dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Dadi.

Sebelumnya, KAL bersama Puskesmas Kuala Satong telah berkolaborasi untuk program pencegahan stunting dan kegiatan pelayanan kesehatan bagi anak-anak melalui Posyandu.

Dadi menambahkan, program kesehatan yang telah dilakukan oleh KAL sejalan dengan visi dan misi Grup ANJ, yaitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui program kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan sosial ekonomi.

Tentang ANJ:

ANJ merupakan perusahaan induk yang terlibat, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaannya, dalam produksi dan penjualan minyak sawit mentah, inti sawit dan hasil pangan berkelanjutan lainnya serta energi terbarukan.

ANJ memiliki dan mengoperasikan enam perkebunan kelapa sawit yang telah berproduksi dan terintegrasi dengan lima pabrik CPO, serta memiliki satu perkebunan kelapa sawit dalam tahap pengembangan di Sumatra Selatan.

Sampai kuartal- III 2023, ANJ memiliki 154,6 ribu ha cadangan lahan termasuk 49,3 ribu ha total area tertanam dengan profil umur tanaman rata-rata 12,9 tahun. Total area menghasilkan seluas 44,2 ribu ha dan 5,1 ribu ha merupakan area belum menghasilkan. Sedangkan total area hutan NKT yang telah dicadangkan sebagai area konservasi untuk perlindungan flora, fauna, dan habitatnya adalah 97.682 ha.

Example 360x320
google.com, pub-2837929621927465, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Example 120x600
https://metrokalbar.com/wp-content/uploads/2023/07/image-5.png